Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration

Penjelasan Keuntungan Tenaga Hydraulic di Alat Berat

Salah satu keuntungan penggunaan cairan adalah kemampuan melipatgandakan gaya dan untuk meneruskan tenaga.

Gaya tidak mesti diteruskan melalui saluran lurus (secara linear). Gaya bisa diteruskan melalui bengkokan atau secara tidak linear dan dilipat gandakan. Penggunaan tenaga cairan adalah merupakan konsep pengiriman tenaga yang fleksibel.

Sebetulnya, tenaga cairan adalah pengiriman tenaga yang awalnya berbentuk tidak bergerak, melalui sumber putaran (mesin listrik atau engine), energi dipindahkan ke tempat yang terpisah yang dilengkapi peralatan pelipat-gandaan gaya yang berputar atau linear (garis lurus) yang disebut juga aktuator.

Tenaga cairan juga bisa dilihat sebagai sebagian proses transformasi mengubah bentuk energi potensial (listrik atau bahan bakar) sampai bentuk mesin yang aktif (gaya dan tenaga linear atau rotary).
 
Keuntungan lain setiap kali tenaga dasar dirubah ke tenaga hidrolik adalah :

  1. Gaya dengan mudah bisa diubah arahnya seperti dari maju ke mundur.
  2. Alat pelindung bisa ditambahkan sehingga memungkinkan kelebihan beban hanya terjadi pada peralatan pengangkat tetapi tidak pada penggerak utama (mesin atau engine) dan menghindari komponen lainnya mengalami tekanan yang berlebihan.
  3. Kecepatan komponen mesin yang berbeda, seperti boom dan winch pada crane, bisa dikendalikan sendiri-sendiri satu sama lain, seperti mudahnya mengendalikan kecepatan penggerak utama.

Sistem hidrolik yang lengkap terdiri atas reservoir, pompa hidrolik yang digerakkan oleh engine pembakaran dalam (IC) atau mesin listrik, sistem valve untuk mengatur dan mengarahkan aliran dari pompa, dan aktuator yang mengubah gaya supaya dapat dihasilkan kerja

Post a Comment for "Penjelasan Keuntungan Tenaga Hydraulic di Alat Berat"

Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration