Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration

Penjelasan Main relief valve, Lock up valve dan Torque converter relief valve pada unit Alat Berat yang menggunakan Wheel


1. Main relief valve

Main Relief valve terdapat dalam Torque Converter valve assembly yang terletak diatas Torque converter housing. Main relief valve bekerja untuk membatasi maksimal pressure dalam system control transmission. 
 
Saat pressure system mencapai settingnya (37.5  ± 1.5 kg/cm2), main relief valve akan membebaskan sebagian flow discharge pump menuju Torque Converter, sehingga tidak terjadi kenaikan pressure dalam system control transmission. Dengan demikian Torque converter hanya akan bekerja setelah main pressure tercapai

2. Lock up valve 

Lock-up valve dan lock-up solenoid valve juga terdapat pada Torque Converter valve assembly. Kedua valve bekerja untuk mengatur besarnya pressure yang sesuai untuk lock-up clutch dan juga menempatkan saat bekerjanya clutch lock up
 
Lock-up valve mempunyai modulating valve hingga saat lock-up clutch engaged, dapat lebih halus (smooth) untuk menurunkan beban hentakan atau kejutan saat perpindahan speed. Sehingga mencegah terjadinya puncak beban yang berkelanjutan (generation of peak torque) pada power train. 
 
Dengan demikian unit mudah dikendalikan dan kemampuan serta daya tahan power train akan meningkat. Saat Transmission controller mengirimkan arus perintah menuju solenoid valve, maka pilot pressure yang menekan spool piston lock-up akan dibebaskan menuju sirkuit drain, sehingga tension spring akan menggerakkan spool lock-up untuk menghubungkan pressure pump dengan piston lock-up untuk mengengagedkannya. 
 
Kenaikan pressure lock-up clutch diatur secara bertahap (modulating) dengan cara mengalirkan pilot pressure menuju load piston untuk memperbesar tension spring secara bertahap dan saat load piston mencapai akhir langkahnya (tertahan pada stopper) maka setting pressure lock-up clutch ± 16 kg/cm2 telah tercapai.

 

3. Torque converter relief valve 

Torque Converter relief valve juga terdapat dalam Torque converter valve assembly. T/C relief valve bekerja untuk membatasi pressure oli dari sisi drain Main relief valve yang akan masuk ke dalam torque converter. 
 
Jika pressure oli mencapai ± 8 kg/cm2, sebagian oli akan dibebaskan menuju circuit transmission lubrication, sehingga pressurenya tidak dapat naik .

Post a Comment for "Penjelasan Main relief valve, Lock up valve dan Torque converter relief valve pada unit Alat Berat yang menggunakan Wheel"

Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration